Perbandingan kecepatan prosessor Dual Core dan Quad Core

Prosesor dual core dan quad coreTeman saya belum lama ini merakit sistem dengan basis prosesor quad core Q8400, dan kebetulan server NComputing kantor juga memakai quad core Q8200. Dan saat mencoba membandingkannya dengan prosessor Core2Duo dengan kecepatan yang hampir sama, tidak ada perbedaan yang signifikan, malah dibeberapa aspek prosesor Core2Duo lebih cepat dari QuadCore.

Saat ini  banyak orang salah persepsi tentang perbedaan kinerja sejati antara prosesor dual core dan quad core. Jujur saja, ada banyak orang di luar sana yang berpikir bahwa sistem komputer dengan prosesor quad core “lebih baik” dari prosesor dual core hanya karena memiliki 2 kali inti lebih banyak.

Saya tidak mempersalahkan mereka, mungkin karena mereka ingat peribahasa “Dua kepala lebih baik daripada satu” apalagi kalo ada 4 kepala pasti lebih cepat :)

Fakta prosesor multi-core

Baiklah kita bandingkan saja dua Prosesor Intel yang banyak dipakai saat ini yaitu Intel Core 2 Duo E7500 2,93 GHz per-core dengan 3MB L2 Cache dibandrol  $120 di Bhinneka.com dan sebagai pembandingnya adalah Intel Core 2 Quad Q8400 adalah 2,66 GHz per core dengan L2 Cache 4MB yang dijual $ 174 di Bhinneka.

Karena L2 Cache dibagi sama ke dalam inti masing-masing, maka kedua prosesor pada dasarnya memiliki jumlah cache yang hampir sama(E7500 sedikit lebih besar). Ini membuat keduanya menjadi prosesor yang hampir sama kecuali jumlah core mereka, karena kecepatan prosessor masing-masing adalah sekitar 2,6 GHz untuk kedua prosesor, jadi apakah ini berarti bahwa quad core dua kali lebih cepat dari prosesor dual core?

Jawabannya adalah tidak! Ini adalah kesalahpahaman utama orang-orang mengenai prosesor dengan multi-core. Anda tidak melipatgandakan kecepatan satu core dengan jumlah core yg dimiliki untuk mendapatkan “jumlah” kecepatan prosesor multi-core.

Dua prosesor dalam contoh diatas benar-benar memiliki kinerja dan kecepatan yang hampir sama.

Sebenarnya, kurang dari 1% dari software yang beredar di pasar dapat memanfaatkan beberapa core (Untuk dual Core lebih banyak, sedangkan 4 core sangat jarang), yang berarti bahwa sebagian besar program-program kamu (malah mungkin semuanya) hanya dapat dijalankan di salah satu inti prosesor saja.

Ini berarti bahwa kecepatan program Anda sepenuhnya tergantung pada kecepatan satu inti. Anda mungkin berkata “terus bagaimana kalau saya menjalankan banyak program dengan bersamaan(istilah kerennya multitasking)”

Kenyataannya adalah, kebanyakan program dapat melakukan tugas lebih cepat dari yang Anda dapat beralih ke program lain. Pengecualian yang paling menonjol terhadap apa yang saya katakan sebelumnya adalah pada software editing video dan foto (dan beberapa game), yang biasanya memanfaatkan semua core prosessor Anda.

Secara Realistis, Anda tidak akan merasakan perbedaan kecepatan antara sistem dengan prosesor dual core dan sistem dengan prosesor quad core, kecuali jika Anda menjalankan software video/photo editing.
Produsen prosesor (Intel, AMD) sebenarnya menyadari hal ini, tapi apa peduli mereka, selama prosesor mereka laku dan diterima dipasar mereka tidak ada masalah.

Jadi apa inti dari tulisan saya ini? Jangan habiskan uang Anda pada prosesor Quad core kecuali ingin membuat dan mengedit video secara profesional, atau menjalankan software khusus yang bisa memanfaatkan semua core prosessor. Anda lebih baik menghabiskan uang Anda untuk  prosesor dual core dengan GHz dan cache L2 yang lebih tinggi.

Comments

  1. wah ane krain makin banyak core nya akan makin efektif dan efisien gan

  2. Mudata JR says:

    Boleh Minta Saranin Game Android Yang Bagus Gak…

    Comenttt…. !!!!

  3. Seandainya orang orang itu g mudah terpaku hanya pada jumlah, sayangnya banyak yang tidak mempelajari dulu dan terjebak, tapi bener sih kalo buat edit Video itu :D

  4. Yoi masuk akal banget itu bro.. Saya cek hp saia pake antutu ternyata core yg aktif cuman 1 aja sisanya tertulis (sleep) .. Itu makanya pemeran utama cuman 1core aja, sisanya pemeran pembantu :D (kecuali untuk editing) pantesan aja single core di iphone mampu bersaing dengan dual core di hp android x. Wong ternyata clockspeednya lebih besar, bukan jumlah corenya.. Kualitas vs kuantitas.. Cheers broo…

  5. just4kids says:

    Saya rasa Dual Core dan Quad Core bukan tak seharusnya jadi perbandingan.

    Jelas saja Core 2 Duo anda anggap lebih bagus daripada Core 2 Quad, karena Core Speedmya Core 2 Quad lebih rendah dari Core 2 Duo.

  6. Ferriramdani says:

    Pada intinya dual qore lebih baik dri pd quad qore. .hanya kelebihan quad qore terletak di foto editing. .jd bg yg senang edit foto silahkan beli processor quad qore

  7. dontJohny says:

    ditambah lagi sekarang udh menjamur hexa core,six core dsb..aduh jadi bingung saya om..saya mau tanya,kebetulan saya sdg mempelajari full App Adobe creative clude,ada rekomendasi buat spec PC ga om?mohon infonya .wassallam #zamanOhzaman

  8. mulita sari says:

    terimakasih banyak tentang infonya… sumpah saya kaget bgt dan ini sangat masuk akal :) —tapi di smartphone android ada yg dualcore 1 Ghz harga 1 jt & quad core 1.2 Ghz harga 1.5 jt (merek nya sama), yg mana yg harus saya beli? maaf cuma mastiin ajah..
    lalu saya masih bingung cache L2 itu ada di smartphone android? soalnya pas saya liat spek2 hp android saya blum nemuin L2 cache itu :( Trimsss

  9. just4lnk says:

    Apalagi sebenernya Core 2 Quad itu adalah die Core 2 Duo yg ditempelkan dan dihubungkan dengan bridge, tidak ada teknologi yg berbeda dari kedua jenis processor tersebut.

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)