Panduan membeli laptop atau notebook baru

Sebenarnya sudah banyak bertebaran tips dan panduan membeli laptop atau notebook baru yang bertebaran di internet, tapi akhirnya saya tetap menulis artikel ini karena kebanyakan artikel yang ada sudah kadaluarsa, tidak lengkap, maupun tidak tepat. Akhir kata semoga tips berikut bisa berguna bagi anda.

Tips Membeli Laptop baru

1. Tentukan budget dan keperluan anda

Tentukan budget yang anda punya dan carilah laptop yang ada di range harga tersebut dengan begitu anda akan fokus. Selain itu tentukan tujuan anda membeli laptop, apakah untuk keperluan kantor, kuliah, game, desain atau editing.

2. Ukuran

Jika pembaca tergolong pengguna yang sering berpindah (mobile) dan hanya menggunakan laptop untuk keperluan  biasa (basic) bisa membeli netbook 10-11 inch yang harganya lebih murah dengan umur baterai lebih lama, namun bila laptop digunakan sebagai pengganti PC sebaiknya memilih layar dengan ukuran minimal 14 inchi.

Foto Laptop Compaq CQ40

Saat ini beberapa produsen menjual laptop CULV (Consumer Ultra-Low Voltage) yang sangat tipis. Bila ingin bergaya laptop ini cocok untuk anda, tetapi untuk performa masih dibawah laptop standar, jadi pertimbangkan kebutuhan anda dulu apakah untuk gaya, mobile, atau pengganti desktop komputer.

3. Rencanakan ke depan

Prosessor laptop anda tidak akan bisa diupgrade, jadi pilih yang cukup cepat untuk mendukung aktivitas anda minimal 1 tahun kedepan. Memilih Laptop dengan slot memory DDR3 juga patut diprioritaskan, meskipun saat ini harganya lebih mahal.

4. Seimbangkan performa laptop anda

Cukup sering penulis melihat teman atau kerabat terobsesi untuk membeli prosessor yang terbaru, namun mereka lupa untuk memilih memori yang seimbang. Minimal anda membeli laptop dengan RAM 2 gigabyte – 4 gigabyte.

Jika anda merencanakan untuk menggunakan RAM lebih dari 4 GB, pastikan anda menggunakan Sistem operasi 64bit, karena jumlah RAM maksimal hanya akan terdeteksi 4GB di OS 32bit.

5. VGA card / kartu grafis

Banyak orang yang membeli laptop hanya memperhatikan prosessor tapi kemudian menyesal saat laptopnya lambat saat menonton film, bermain game, atau mengedit gambar. Pemilihan VGA juga sangat vital karena untuk laptop yang beredar saat ini tertanam di motherboard dan tidak bisa diupgrade.

Untuk penggunaan sedang Intel GMA4500 sudah cukup untuk basic gaming, menonton film, dan dvd, biasanya kartu ini akan share memory dengan memory laptop.
Sedangkan chipset dengan NVIDIA atau ATI ditujukan untuk gaming yang lebih baik, dan editing video dan gambar, VGA chip ini menggunakan dedicated memory sehingga tidak akan mengurangi memory laptop anda.

Jangan pernah membeli laptop dengan chip VGA yang murahan, contoh SIS Mirage 2 / Mirage 3 atau S3. Beberapa laptop buatan lokal menggunakan chip VGA ini untuk menekan harga, performa kartu ini sangat mengecewakan bahkan hanya untuk menonton DVD performanya sangat jelek.

6. Prioritas pada merk branded

Infoteknologi.com tidak anti merk lokal, tapi pada kenyataannya servis purna jual merk branded lebih baik dan bertanggung jawab. Jadi jika anda ditawarkan 2 laptop dengan spesifikasi yang sama namun harganya tidak berbeda jauh (100-300 ribu) sebaiknya memilih merk branded untuk menghindari kepusingan dimasa depan.

7. Windows shopping

Terakhir, bila anda sudah menentukan merk, tipe, dan spesifikasi yang anda inginkan; cari toko dengan penawaran yg lebih baik, jgn langsung membeli, namun lakukan riset dahulu ke toko lain.

Note: Bila anda melakukan upgrade dari Laptop atau komputer lama, silahkan baca artikel Tips upgrade komputer untuk tips dan trik yang harus anda lakukan setelah anda membeli komputer pengganti.

Comments

  1. Samsung NP300E4X-T02ID apakah cukup baik? thanks

  2. Nico mo nanya samsung Samsung NP300E4X-T02ID, apakah cukup bagus atau punya rekomendasi yang lebih baik?

  3. mas mau tanya review untuk Samsung Samsung NP300E4X-T02ID bagaimana? thanks

  4. saya mau beli laptop acer buat anak saya yg mau kuliah tahun ini, budget saya 4jt tapi anak saya minta yg tipis>>> mohon dibantu type apa yg cocok

    • Kalau mencari laptop yang tipis dengan harga murah, sepertinya Anda harus memilih tipe Ultrabook yang memiliki.
      Contohnya Samsung ultrabook NP370 (4,5 juta) varian terendah.

  5. S Mantun says:

    mas Nico aku ingin beli notebook 12 inch yang mendukung kuliah,, kerja kantor ku,dan juga aku senang main game. minta tolong info nya  cocok nya beli notebook apa? sedangkan isi kantong cuma 3 jutaan. trimakasih

  6. Cicimanizz74 says:

    mas,ane mau nanya ni,dari kedua laptop ni ane bingung,,mau pilih yang mana,,tolong mas,,bimbingannya,,
    1. acer aspire E1 – 471G 32322G50Mn ,spek :
    Intel Core i3- 2328M 2,2 Ghz,RAM 2 GB, HDD 500 GB,VGA nVidia GT630M-1gb,14″, Windows 8
    2. Asus A43SD- VX748D, Spek :
    Core i3- 2350 2,3 Ghz, 14″, 2 Gb DDR3,500GB, nvidia GT 610M 2 GB,,
    dari kedua laptop ini, gua bingung mau pilih yang mana,,tolong arahannya gan,,maklum Newbie,,TQ, 

    • Secara spesifikasi prosesor, VGA, dll sebenarnya tidak berbeda jauh secara performa.
      Tapi mungkin saya akan cenderung memilih yg tipe Acer Aspire E1.

  7. Agung Wijaya311 says:

    Mas aq mw beli laptop tp danany hny kisaran 4jt saja… tolong pendapatnya baiknys sy hrs mmbeli merk ap dan bagaimana dgn kualitasnya???

  8. Dimasdivenu says:

    mas ane mau beli laptop budget 6 jt MAX ya lebih dikit 6,2 jt mentok dah.

    kebutuhan buat ngegame dan multimedia,dipake buat kuliah juga!ya jadi biar awet bisa ngegame dan kuliah!
    mohon rekomendasinya diutamakan laptop asus,kalo ada yg lebih bagus ya silakan!dan toko yang murah tapi berkualitas dimana?(daerah jakarta)
    terimakasih mas

    • Untuk kisaran harga tersebut bisa coba Laptop ASUS dengan intel i3 & graphic Nvidia 610M seperti ASUS A43SD-VX748D (5,5 juta) kemudian upgrade RAM menjadi 4GB atau 8GB. Jadi bila ditotal sekitar 6 jutaan.

      Untuk toko sebenarnya sama saja, bisa beli di daerah dusit mangga 2 atau dimanapun juga karena barang yang anda beli baru dan pasti garansi.

  9. Bobbyhaldy says:

    bg, mw nanya .
    rencana bulan 8 ini , saya ingin membeli laptop asus core i5 dgn nvidia 2GB kapasitas RAM , DDR 500GB layar 14″.
    Yang saya tnya , apakah nvidia nya itu shere dari laptop nya atau ngk??
    Soalnya ada penjual yg gk mw kasi tau entah dia emank gk tw sama skali…HEHEHE…

    • Bobbyhaldy says:

      uuppp kapasitas RAM 2GB bg..
      monggo di jawab prtanyaan saya tdi bg…
      please…

    • Untuk laptop dengan kartu grafis seperti NVidia atau ATi mayoritas memakai dedicated module RAM.

      Jadi intinya memory RAM laptop tidak share dengan RAM VGA.

  10. KitaStamp says:

    mau beli laptop cari info menarik, terkadang tidak mengetahui postingan ini bisa membantu sesuai keinginan

  11. Mas sy mw tanya, sy pngen beli laptop yg bgus bwt maen game tp bwt yg laen2 nya jg bgus, g lola dan g lemot.
    kira2 laptop spt apa y yg hrus sy pilih?
    trus sy mnta rekomendasi type dan merk laptopnya ma harganya!
    thanks,,,

    • Pastinya untuk laptop game, pilih yang sudah memakai dedicated VGA seperti ATi atau Nvidia dengan RAM 1GB.
      Memori RAM laptop juga minimal 4GB.

      Untuk merk, saya tidak ada rekomendasi khusus, tapi kalau dana anda tidak terbatas, bisa pertimbangkan membeli Dell Alienware m11x (paling murah) atau Alienware m18x(paling mahal) :D

  12. gimana ya mas,, saya mau beli netbook tapi bingung karena nggak tau kelebihan dan kekuranganya, saya tertarik karena ukuranya yang kecil dan simple dibawa, dan sebaiknya saya pilih spec yang gimana, krn kebutuhan saya hanya utk mengetik dan internet.. mhn penjelasannya mas,, thanks

    • Kalau memang hanya mengetik dan untuk internet, dan anda juga tidak kesulitan melihat dari layar yg kecil, agan bisa memilih untuk membeli netbook karena harganya jauh lebih murah dan daya tahan baterai lumayan awet.
      Untuk spesifikasi netbook, sebaiknya pilih yg memiliki RAM 2GB, untuk prosesornya kebanyakan hampir sama (memakai intel atom).

  13. wawan setiawan says:

    mau nanya mas,sy mau beli laptop dgn spesifikasi sbb.Acer Aspire 4750G-2412G64Mnkk
    Core i5 2410M 2.3Ghz, 14.0″ HD Acer Cine Crystal, 2GB, 640GB, DVDRW, Nvidia Geforce GT 540M 1GB, Camera, Wifi, Bluetooth,ini sy lht di internet,tokonya berada di mangga 2,hrganya Rp.5840000,pertanyaan sy,bgmna menurut mas spesifikasinya serta kelebihan dan kekurangannya dan VGAnya itu share atau non share,????btw,Replynya dikrm ke email sy aja mas….makasih!!!

    • Spesifikasi laptop tersebut sudah bagus untuk melakukan aktifitas normal.
      Bila ingin lancar main game, bisa upgrade RAM ke 4GB.

      Sedangkan untuk Geforce GT merupakan dedicated Vga dan tidak share memori, jadi memori RAM anda tetap 2 GB.

  14. wawan setiawan says:

    mau nanya mas,sy mau beli laptop dgn spesifikasi sbb.Acer Aspire 4750G-2412G64Mnkk
    Core i5 2410M 2.3Ghz, 14.0″ HD Acer Cine Crystal, 2GB, 640GB, DVDRW, Nvidia Geforce GT 540M 1GB, Camera, Wifi, Bluetooth,ini sy lht di internet,tokonya berada di mangga 2,hrganya Rp.5840000,pertanyaan sy,bgmna menurut mas spesifikasinya serta kelebihan dan kekurangannya dan VGAnya itu share atau non share,????

  15. @irfan ludvi astanto: Untuk Netbook juga berlaku, tetapi untuk poin nomor 5 (VGA Card) sedikit berbeda karena kebanyakan netbook memakai VGA Onboard Intel untuk menghemat baterai.Untuk Alexa Rank, saya ngak begitu memperhatikan soalnya saya juga tidak pasang iklan di blog ini.Yang pasti menurut kawan-kawan yang lain sih musti rajin ninggalin link dofollow di blog orang, sama ikut situs berita seperti lintas berita, infogue atau digg.

  16. >bagus artikelnya,apalagi sekarang ini jogja lagi ada pameran komputer akhir tahun.apakah ini beraku untuk netbook …? soalnya harganya jauh dibawah notebook. thx.dinanti kunjungan balik dan salam kenal mas. dan mau sharing agar alexa rank bagus gmn ya …? thx

  17. >mkasih infonyabisa untuk panduan beli lepi nih

  18. @Anonim Artikel ini kalau tidak salah pernah saya masukkan, tapi kurang mendapat respon sehingga tidak menjadi top artikel. (mungkin pembaca lintasberita dan infogue lebih tertarik berita gosip, perselingkunhan dan video bf, hahaha.. :P)

  19. >artikelnya bagus,,,bisa di submit mas di lintasberita.comor infogue.com(^'~)"

  20. >thx atas infonya, sangat berguna sekali untuk saya

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)