HIT Magic Plus 5100 Fingerprint Absent

Review Absensi jari HIT Magic Plus 5100

Kantor saya memutuskan membeli ‘HIT Magic Plus 5100′ fingerprint Absent sebagai pengganti absensi cetok Amano, disatu sisi seharusnya penggunaan Absensi sidik jari ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan meskipun investasi awalnya mungkin sedikit lebih mahal.

Untuk HRD tidak perlu lagi menulis kartu absen karyawan, sehingga menghemat waktu dan tidak perlu lagi membeli kartu absen. Dan karena Absensi sidik jari ini ini menggunakan komputer maka untuk kepraktisan dan keamanannya lumayan lebih baik (tidak bisa lagi titip absen).

Tempat saya bekerja saat ini bergerak di bidang manufaktur, jadi sebagai proyek pilot (percobaan) absensi sidik jari ini sementara digunakan untuk staff yang bekerja di kantor.

Absen sidik jari HIT Magic Plus 5100

Meskipun saya tidak terlibat langsung untuk implementasinya (rekan sesama IT yg terlibat lebih dalam), sedikit banyak saya juga mengetahui seluk beluk penggunaan absensi jari ini.

Setelah mengamati dan sedikit turun langsung selama -/+ 1 bulan berikut reviewnya:
Kantor saya telah membeli absensi dengan merek HIT Magic Plus 5100 yang sepertinya buatan China karena gambar di manual dan fisik aslinya berbeda sama sekali, saat membaca manualnya cukup terkesan juga dengan fiturnya.

Namun saat akan menggunakannya tidak bisa diterapkan (seperti retrieve data melalui USB) dan saat ditanyakan ke dealernya mendapat jawaban: “Oh memang untuk alat tipe ini, terdapat bug firmware yang menyebabkan fasilitas tersebut tidak bisa digunakan” (terus kenapa masih dijual??). Dari sisi program yang disertakan, saat mengambil data bila terjadi gangguan koneksi maka semua data absensi karyawan akan hilang. :(

Selain itu banyak staff yang tidak bisa melakukan absensi secara lancar karena jarinya tidak dikenali (harus diulang terus menerus), sepertinya sensor sidik jari di alat ini kurang baik membacanya. Logikanya bila untuk mengenali jari orang yang hanya memegang pensil dan mengetik keyboard saja alat ini kesulitan, bagaimana alat ini nantinya bisa membaca jari karyawan pabrik yang kesehariaannya memegang palu, obeng, ataupun mesin ?

Saya sudah bisa memprediksi kesulitan-kesulitan yang akan terjadi bila memang alat yang sama tetap digunakan untuk karyawan pabrik.

Penilaian saya untuk produk ini : 4 dari maksimal 10 :(

Comments

  1. siang pak tangguh….
    saya aland pak..mau tanya,,mesin HIT MP 5100 yang kami pakai d kantor kadang susah membaca sidik jari karyawan kami,walaupun sudah d edit ulang user nya pak..dan satu lagi pak,boleh minta info panduan nya gtoo pak..terima kasih

  2. aku pake fingerprin tapi adminnya ga bisa masuk, bisa di reset ga yah gan.?

  3. Diana says:

    Mesin ini memang kurang bagus, selain prisma mudah rusak, software nya pun banyak bugs nya,
    dan sering nge-lag ketika mencoba retrieve data karyawan dalam jumlah banyak (10.000)via software
    alhasil tim dari it kantor ku mesti bikin query sendiri untuk langsung nembak ke databse hitfpta

  4. Dennyaldi says:

    Selamat sore, bagaimana kalau bapak mencoba memakai produk absensi kami? kami menjual produk absensi buatan sendiri (produk lokal) yang pasti terjamin sukucadang dan maintenance servicenya. 

  5. Wah saya aja sebagai dealer bingung pak,kebetulan ada kastemer kita minta dicariin merk tersebut,sebelumnya kmi menawarkan produk korea,tetapi karena apa purchasingnya minta spek merk tersebut,alhasil kita pasangkan,tetapi bukannya untung malah rugi karena hrs bolak2 terus karena mslh.

  6. saya punya alat fingerprint, cuma nggak bisa pake program hit time attendance dan setelah saya lihat vendornya kosong??? mohon bantuannya.. terima kasih

  7. Sekedar informasi,

    Kantor saya pemakain hit finger print sudah lebih dari 4 tahun, sudah lebih dari 15 unit mesin yg dibeli tuk di pasang di di semua cabang perusahaan saya. Tapi tidak ada masalah mengenai datanya. mungkin dulu masalahnya karena beda software antara ver finger print hit lama dan yg baru beli, tapi solusinya bisa di upgrade di software atau hardwarenya. Tinggal konfirmasi aja ke technical support nya HIT.
    HIT digunakan sbg pengganti mesin FIRDI yang sudah rusak dimakan usia dan tidak efektif karena di firdi harus tekan tombol dulu baru masukan jari. sehingga fisik mesin cepat rusak.

    Terima Kasih.

  8. kampret says:

    "ada beberapa user yang

    sudah diupload tadi pada saat absen

    tapi yang tampil Nama Orang lain,

    sementara kalau absen di Mesin A

    yang tampil Nama yang benar."

    ini yg sering saya alami

  9. sama mas saya juga pusing dengan merek magic plus 5100 tetepa ga bisa digunakan dengan baik sampai putus asa karna dimarahin sama bos, di beliin barang jelak katanya…

  10. tangguh says:

    saya seorang marketing dan salah satu produk yang saya jual adalah product yang baru saja anda bilang jelek.
    maaf,pendapat saya bertolak belakang dengan anda
    mungkin kantor anda membeli barang imitasi.
    karna perusahaan saya sudah menjual hampir seribu unit fingerprint MP 5100
    antara lain pada pabrik dan perkantoran.sejauh ini sama sekali tidak ada masalah dalam perform.jadi saya memastikan barang yang anda beli palsu.

    • Saya terima keberatannya pak tangguh.

      Tapi untuk masalah bahwa mesin sidik jari yang dibeli oleh perusahaan tempat saya bekerja merupakan barang imitasi, saya agak ragu.
      Karena penjualnya termasuk distributor yang cukup besar, dan memberikan pelatihan ke staff HRD selama beberapa sesi.

      Dan lagipula saya tidak yakin ada yang mau meng-imitasi produk ini, selain sulit dilakukan, & hampir tidak mungkin membuat barang yang serupa dan dapat bekerja dengan baik dengan software Time attandencenya.

      Atau, kemungkinan lain perusahaan mendapatkan barang yang cacat, tapi saat saya tanyakan masalah diatas ke distributor, mereka mengatakan bahwa hal tersebut normal.

      Dan produk ini bila saya amati sangat mirip sekali dengan salah satu merk absensi sidik jari yang lebih terkenal & lebih mahal buatan negara asia lainnya, entah itu kebetulan atau tidak disengaja.

      Terimakasih.

      • Pak Tangguh, boleh saya minta user guide untuk mesin FP magic 5100 plus?
        dimana saya bisa download

        Trims sebelumnya

        Jamiro

    • Selamat Siang…
      Pak Tangguh…

      Saya Menggunakan HIT Fingerprint Absen Seri 5000, ada +/- 10 buah, Tapi saya punya masalah pada Pembacaan Hardwarenya, maksudnya ada 2 group, beberapa hanya bisa kebaca dengan Software “Time Attendance 3.6.2.03″ dan sebagian lagi hanya kebaca dengan Software “Time Attendance 4.0.0.11″.,

      Kemudian Kalau saya daftar FingerPrint di Mesin A dan diupload ke mesin B dsb, ada beberapa user yang sudah diupload tadi pada saat absen tapi yang tampil Nama Orang lain, sementara kalau absen di Mesin A yang tampil Nama yang benar.

      Jadi saya kesusahan untuk Update & download data FingerPrint maupun lognya. harus pindah-pindah Versi, dan sepertinya Kedua Versi tsb tidak bisa jalan di PC yang sama, jadi saya install di 2 PC.

      Adakah Versi Software HIT “Time Attandance” yang bisa baca semua HIT PingerPrint yang saya Pakai ?

      Terima Kasih,
      Dani S

    • maaf saya juga seorang IT pabrik dapet masalah yang sama seperti di atas satu minggu juga password admin di tolak,saya pakai buat cabang cikampek,serang dan bogor,jika anda mengatakan barang imitasi berarti barang yang anda jual itu imitasi terus yang ga imitasi yang mana apakah anda jual juga….

  11. >Ini teknologi absen yang hebat

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)