Home > Berita Teknologi > Google menfilter applikasi malware di Android Market secara otomatis

Google menfilter applikasi malware di Android Market secara otomatis

Google AndroidBerita baik bagi pengguna Android, karena mereka akan semakin terlindungi dari program spyware, trojans, dan applikasi malware lain yg merusak.

Dikutip Info Teknologi dari blognya, diberitakan bahwa Google telah menempatkan sistem keamanan baru di Android Market yang akan menfilter secara otomatis  applikasi yang berpotensi merusak dan membahayakan devic.

Bouncer (nama yg diberikan Google terhadap sistemnya) akan otomatis melakukan analisa terhadap semua applikasi baik yang sudah beredar di Android Market maupun yang baru saja diupload oleh developer.

Bouncer bekerja dengan mensimulasikan cara kerja applikasi di “Cloud” bila applikasi dijalankan pada device Android. “Bouncer” akan memonitor semua tindakan yang dilakukan oleh applikasi serta membandingkannya dengan applikasi malware yg sudah dikenal untuk mendeteksi kehadiran instruksi yg berbahaya.

Saat applikasi dicurigai melakukan aktivitas yg membahayakan maka bouncer akan menandainya untuk diperiksa secara manual oleh staff Google. Namun bila terindikasi kuat bahwa applikasi tersebut adalah malware maka bouncer akan langsung mendelete program tersebut.

System bouncer perlu ada karena semakin banyak applikasi Android yg hadir dan didaftarkan tiap harinya ke Android Market. Ini membuat applikasi yg baik dan berguna tetap bertambah di market, dan disisi lain keamanan user tetap terjaga.