Home > Network > Cara setting mikrotik untuk telkomspeedy di warnet / kantor

Cara setting mikrotik untuk telkomspeedy di warnet / kantor

Mikrotik sangatlah populer di Indonesia terutama bagi para pemilik warnet, kantor kecil ataupun kost-kostan. Beberapa fungsi Mikrotik adalah sebagai bridge, router, dial-up modem ADSL PPPoE, dan juga sebagai bandwith management / membagi kecepatan koneksi internet ke client.

Mikrotik memiliki beberapa kelebihan seperti harganya yg cukup murah, stabil, memiliki fungsi banyak dan setting Mikrotik mudah dilakukan baik oleh user dari skill beginner sampai expert.

Untuk setting Mikrotik dengan Telkomspeedy sebenarnya sangatlah mudah, pembaca Info Teknologi cukup menyolokkan kabel internet dari modem ke port 1 di mikrotik, setelah itu sambungkan port 2 mikrotik ke switch / hub.

Setting akan terdeteksi secara otomatis dan biasanya user / client akan langsung bisa menyambung ke internet tanpa masalah.

Namun untuk setting lebih lanjut kamu memerlukan Winbox supaya dapat melakukan setting advance seperti pengaturan IP address, NAT, DHCP, bandwith limiter, wifi, untuk mengatasi masalah di Mikrotik, tidak bisa koneksi internet, dll. -> Download Winbox disini.

Setting Mikrotik RB750R2 di Telkom Speedy ZTE F609
Foto Mikrotik RB750R2 dan Telkom Speedy ZTE F609

Setting Mikrotik Telkom Speedy di Warnet / kantor  dengan Winbox

Jalankan applikasi Winbox, maka akan tampil layar seperti gambar dibawah. Mac Address, Ip Address, identitas, versi, dan tipe board dari Mikrotik akan terdeteksi otomatis di tabel bagian bawah. Klik MAC Address atau IP address, masukkan Login (standard admin), dan Password (password standard Mikrotik adalah blank/kosong).

cara-setting mikrotik warnet kantor

Setelah terkoneksi, maka akan tampil layar kosong dengan beberapa menu disebelah kiri. Untuk setting awal mikrotik, klik menu pertama disamping kiri yang bertuliskan Quick Set (Lihat gambar berikut).

winbox quick setup warnet kantor

Di bagian Configuration, untuk mode pilih Router karena kita akan menggunakan Miktorik di Telkom Speedy. Internet Acquisation dipilih Automatic, tapi bila informasi yang ditampilkan tidak sesuai alamat IP Modem Speedy, pilih Static dan ubah seperlunya.

Local Network, adalah berisi setting IP address, Netmask dari device Mikrotik. Centang juga pilihan DHCP Server, NAT dan isikan range IP address yang akan diberikan ke client user (sesuaikan dengan ip address jaringan kamu). Jangan lupa juga untuk merubah password default Mikrotik di bagian System supaya lebih aman.