Home > Windows > Cara memperbaiki printer jaringan (network share) yang selalu hilang setelah restart komputer di Windows

Cara memperbaiki printer jaringan (network share) yang selalu hilang setelah restart komputer di Windows

Salah satu rekan penulis Info Teknologi yang berbeda kantor mengalami masalah di salah satu komputer client yang memakai Windows 7 yaitu dalam hal pemasangan / install printer jaringan.

Masalahnya adalah setelah sukses menginstall driver printer jaringan (dan bisa melakukan print); keesokan harinya printer yang ada mendadak hilang. Dan rupanya setelah melakukan install ulang lagi, printer selalu hilang setiap kali PC komputer direstart.

Masalah rupanya hanya terjadi di satu laptop saja karena komputer lain yg juga terhubung ke jaringan tidak mengalami masalah (network printer hilang) dan dapat mencetak dengan baik.

Awalnya saran penulis untuk memperbaiki masalah printer jaringan adalah dengan melakukan Add Printer dengan cara berbeda, yaitu tidak menggunakan nama komputer (NETBIOS) untuk connect tetapi dengan menggunakan alamat IP; sayangnya cara tersebut tetap tidak menyelesaikan masalah.

Cara lain seperti memeriksa service printer spooler, mendownload versi baru driver printer, ataupun roll back menggunakan Windows restore tetap gagal.

Memperbaiki network printer (jaringan) yang hilang setelah restart komputer

Akhirnya langkah terakhir yang sukses untuk memperbaiki printer jaringan yang hilang adalah dengan cara menghapus file & folder yang berhubungan dengan setting dan driver printer:

memperbaiki printer jaringan hilang restart
C:\Windows\System32\spool

Buka Windows explorer kemudian arahkan ke folder C:\Windows\System32\spool. Disitu akan terdapat beberapa folder seperti drivers, PRINTERS, prtprocs, SERVERS, tools, V4Dirs (bila folder tidak terlihat, pastikan setting file hidden dan system di windows explorer telah diaktifkan).

Backup semua isi folder atau pindahkan ke tempat lain biar aman, setelah itu hapuslah semua isi folder. Langkah selanjutnya adalah melakukan instal ulang printer jaringan. Hasilnya sukses !!, printer jaringan tidak kembali hilang setelah PC komputer dicoba restart berkali-kali.