Home > Software > Cara memperbaiki ERR_SPDY_PROTOCOL_ERROR di Chrome

Cara memperbaiki ERR_SPDY_PROTOCOL_ERROR di Chrome

SPDY adalah protokol internet yang dibuat oleh Google yang bertujuan untuk mempercepat akses web dan memperketat keamanan melalui kompresi, multiplexing dan prioritasi. Tidak semua website mendukung optimasi SPDY, dan bagi situs yang mendukung terkadang juga akan muncul error.

Salah satu error yang terjadi adalah saat akan membuka situs dari Google, Wikipedia, Reddit, Tumblr ataupun situs lain di Google Chrome karena muncul tulisan error ERR_SPDY_PROTOCOL_ERROR 

Memperbaiki error ERR_SPDY_PROTOCOL_ERROR

1. Untuk cara memperbaiki error SPDY cukup mengetikkan:

chrome://net-internals/#sockets

err_spdy_protocol_error

di Chrome address bar, kemudian tekan tombol Flush Socket Pools.

2. Cara kedua adalah dengan menonaktifkan SPDY setiap kali menjalankan browser Chrome. Cara menonaktifkan SPDY yaitu dengan membuat shortcut baru dan menambahkan perintah –use-spdy=off di kotak isian target.

memperbaiki error spdy protocol

3. Jika menggunakan Antivirus Avast, Anda juga bisa menambahkan situs yang mengalami error supaya tidak discan oleh avast. Buka Avast, masuk ke Settings > Active Protection > klik Customize di bagian Web Shield, lalu masukan nama url situs yang bermasalah ke bagian URL to exclude. (pastikan reputasi situs tersebut sudah Anda percayai untuk menghindari hal yag tidak diinginkan)

Note: Fitur SPDY pada chronium nantinya tidak akan disupport lagi dan digantikan oleh HTTP/2 dan ALPN pada tahun 2016. Jadi ada kemungkinan Google Chrome yg sumbernya adalah chronium nantinya juga akan ikut berhenti memakainya.