Home > Game > Cara bermain Pokemon GO

Cara bermain Pokemon GO

Pokemon Go memang belum secara resmi dirilis di Indonesia, tapi demamnya sudah merajalela dan pemberitaannya sangat kencang di berbagai media.

Di artikel ini Info Teknologi akan mengulas pengenalan dasar dan cara bermain Pokemon Go untuk pemula yang baru saja mendownload game ini.

Bagi yang sudah jago atau mengerti dasar permainan, silahkan tunggu Tips dan Trik bermain Pokemon Go (akan menyusul) yang lebih ditujukan untuk para pemain yang sudah level 12 keatas.

Cara bermain Pokemon GO bagi pemula

Menangkap Pokemon

Klik Pokemon yang muncul di peta. Kemudian lempar pokeball ke arah pokemon. Setiap menangkap Pokemon akan mendapatkan 100 experience ditambah dengan bonus (curveball, nice hit, great hit, atau excelent hit).

Tingkat kesulitan menangkap pokemon tergantung lingkaran yang mengelilingi Pokemon dimana hijau=mudah, oranye=agak sulit, merah=sangat sulit. Penangkapan Pokemon bisa lebih mudah bila menggunakan great ball, ultraball, dan ditambah Razz Berry.

Pokestop

Ini adalah tempat dimana kamu bisa mendapatkan Pokeball, potion, reviver, razz berry, egg. dan 50 experience. Pokestop hanya bisa dikunjungi 5 menit sekali.

Pokedex

Pokedex adalah database dari pokemon yang ada. Lengkapi pokedex yg kamu punya dengan cara menangkap berbagai jenis pokemon sebanyak-banyaknya (untuk saat ini baru tersedia 151 pokemon).

HP dan CP

HP=Hit Point adalah kesehatan Pokemon, sementara CP=Combat Power adalah efektifitas pokemon dalam melakukan serangan. Kedua stats tersebut sangat berpengaruh bila akan merebut Gym.

Level Karakter

Maksimal level saat ini adalah 40. Semakin tinggi level maka kamu akan bisa menangkap Pokemon dengan CP Level yang lebih tinggi.

Egg (telur)

Egg didapatkan dari Pokestop yang dapat menetas menjadi Pokemon. Ada 3 jenis Egg di Pokemon GO; 2km, 5km, dan 10km. Untuk menetaskan Egg menjadi Pokemon pemain perlu memasukkannya ke dalam Incubator lalu berjalan atau bersepeda.

Jarak tidak akan dihitung bila kecepatan kamu melebihi 20km/jam seperti naik mobil / motor. Applikasi Pokemon Go juga harus tetap terbuka di handphone (hp tidak boleh stand by)

Cara Evolusi Pokemon

Setiap Pokemon membutuhkan jumlah candy yang berbeda-beda agar dapat berevolusi. Candy bisa didapat dengan menangkap pokemon dengan jenis yang sama (3 candy), atau mentransfer pokemon ke professor (1 candy). Contoh, Pikachu membutuhkan 50 candy agar bisa berubah menjadi Raichu, maka kamu perlu menangkap 13 Pikachu, dan mentransfer 12 sisanya ke Professor.

Bergabung dalam Team

pokemon-go-teams

Kamu baru bisa bergabung ke dalam team Mystic (biru), Valor (merah), atau Instict (kuning) saat karakter mencapai level 5 dengan cara mengunjungi Gym. Pilih baik-baik team yg diinginkan karena sampai saat ini tidak dimungkinkan untuk berpindah team di Pokemon Go.

Gym

 

Kalahkan gym yang berbeda dengan kamu untuk mendapatkan experience. Dan bila kamu menguasai Gym / menaruh pokemon di Gym, maka kamu bisa mendapatkan 500 stardust dan 10 Pokecoins untuk satu gym-nya. (Note: Maksimal reward yg bisa didapat dari Gym adalah 10 lokasi dan bisa diklaim setiap 21 jam dengan mengklik icon perisai di menu Shop)