Toshiba memproduksi hard disk paling aman

Pada hari rabu 13 April 2011, Toshiba meluncurkan produk hard disk pertama yang memiliki enkripsi mandiri dan dapat menghapus secara otomatis data didalamnya bila dipasangkan ke host / komputer yang tidak dikenal.

Hard disk terbaru Toshiba Self-Encrypting Drives(SED) (model MKxx61GSYG) memungkinkan administrator untuk mengkonfigurasi opsi keamanan data yang berbeda sesuai dengan skenario / kondisi penggunaannya.

Hard disk Toshiba 2,5 inchi dengan kecepatan 7.200 rpm ini ditujukan untuk penggunaan di PC, mesin foto kopi, printer multifungsi, dan juga sistem point of sale (POS) yang biasanya digunakan oleh institusi pemerintah, finansial, kesehatan, ataupun kondisi dimana data sensitif harus diamankan.

Hard disk ini hadir dengan kapasitas penyimpanan yang beragam mulai dari 160GB sampai 540 GB, memiliki buffer memory 16MB, dan kecepatan akses 3Gbit/detik dengan teknologi SATA 2.0.

Ketika dihidupkan, hard disk Toshiba SED dan host komputer akan melakukan proses autentifikasi. Jika proses ini gagal, hard disk ini bisa dikonfigurasikan untuk menolak akses data ataupun melakukan proses penghapusan data secara cryptographic pada bagian blok data yang ditentukan sebelumnya.

Penghapusan cryptographic adalah proses dimana hard disk akan meng-enkripsi data yang terhapus sehingga meskipun data dapat dikembalikan akan tetap tidak terbaca. Enkripsi menggunakan sistem algoritma AES 256-bit, dan juga menyertakan teknologi dari Trusted Computing Group sebagai autentifikasi hard disk dengan host komputer.

Teknologi pada hard disk Toshiba SED ini memiliki beberapa mode pengamanan yaitu:

  • Wipe 0: Pengamanan Standard ATA dan TCG-Opal dimana akses ke data ditolak
  • Wipe 1: Blok data akan dihapus setiap kali host dihidupkan
  • Wipe 2: Blok data akan dihapus bila terhubung dengan host asing
  • Wipe 3: Blok data akan dihapus bila usaha unlock gagal beberapa kali

sumber: computerworld

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)