RIM membangun server BlackBerry di Mumbai, India. Indonesia Kapan?

RIM membangun server BlackBerry di kota Mumbai, India yang akan berfungsi sebagai monitoring traffic percakapan BBM dan Email.

Dikutip Info Teknologi dari NDTV, diberitakan bahwa RIM akhirnya setuju untuk membangun server di kota Mumbai India setelah negoisasi dan perdebatan panjang antara RIM dan pemerintah India yang bermula sejak 2008.

Dengan dibangunnya server di India, maka pemerintah India akan dapat melihat semua isi percakapan BBM dan komunikasi E-mail publik yg sebelumnya terenkripsi bila “dirasa perlu”.

Selain itu Agen pemerintah India akan dapat menyadap semua jalur komunikasi email di server BES (BlackBerry Enterprise System) perusahaan yang jumlahnya diperkirakan sebanyak 5.000 server BES.

Rim server in Mumbai India

Fakta bahwa posisi RIM di pasar smarphone global yang tergerus karena keberadaan Android dan iPhone membuat RIM mau tidak mau harus mengikuti permintaan pemerintahan India yang mengancam memberhentikan layanan BlackBerry di India.

Berita ini bisa jadi berita baik bagi pemerintah Indonesia yg sebelumnya menuntut hal serupa supaya RIM membangun servernya di Indonesia. Jadi, kembali ke judul artikel ini, Indonesia Kapan ?

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)