Microsoft membeli Skype US$ 8,5 milyar

Microsoft resmi membeli Skype dengan nilai US$ 8,5 milyar pada 10 Mei 2011 sekaligus menyingkirkan Facebook dan Google sebagai pesaing utamanya.

Harga 8,5 milyar dollar adalah akuisisi termahal selama 36 tahun berdirinya Microsoft, setelah sebelumnya pada tahun 2007 Microsoft mengakuisisi Aquantive Inc sebuah firma advertising online.

Dikutip Info Teknologi dari The Wall Street Journal pembelian Skype oleh Microsoft dikonfirmasi oleh CEO Microsoft Steve Balmer dan CEO Skype Tony Bates melalui wawancara telepon; Balmer juga mengungkapkan layanan Skype kedepannya akan diintegrasikan ke produk Microsoft yang sudah ada seperti konsol game XBox, Windows Phone dan juga layanan bisnis Lync.

Membeli Skype akan membuat Microsoft menambah daya saing dengan para kompetitor, karena Skype merupakan perusahaan yang sudah terkenal Internet melalui layanan telepon dan video call dengan 170 juta pengguna aktif setiap bulannya di seluruh dunia.

Akuisisi ini perlu dilakukan mengingat Microsoft tidak memiliki layanan sejenis, sehingga pembelian Skype akan membuat Microsoft head-to-head untuk melawan layanan dari Apple FaceTime video-chat dan Google Voice.

Yang pasti meskipun Microsoft telah mengakuisisi Skype, Steve Balmer berjanji akan tetap mendukung platform lain selain Microsoft (Iphone dan Mac).

Steve Balmer dan Tony Bates

Skype ditaksir memiliki nilai jual 1 milyar dollar dan sebelumnya telah melayangkan IPO (go public), lalu kenapa Skype dijual ?

Rumor yang beredar di Internet, CEO Skype Silver Lake dan eBay sebagai pemegang saham mayoritas tidak sabar untuk menguangkan keuntungan. Namun beberapa sumber juga mengungkapkan bahwa sebenarnya Skype tidak memiliki keuntungan.

Uang US$ 8,5 Milyar akan dibagikan ke para pemegang saham Skype yaitu:

  • eBay mendapatkan US$2,55 Milyar dengan kepemilikan saham 30%.
  • Pendiri Skype Niklas Zennström dan Janus Friis, dengan kepemilikan saham Skype 14%, akan mendapatkan US$1,19 Milyar
  • Silver Lake, Andreessen Horowitz dan Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) memiliki saham 56%, akan mendapatkan US$4,76 milyar.
  • Andreessen Horowitz memiliki 3% saham dan akan mendapatkan keuntungan US$205 juta dari investasi awal sebesar US$50 juta.

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)