Update dari Larry Page setelah satu tahun menjabat CEO Google

Larry Page memberikan update mengenai visi, misi, dan pencapaian yang telah diperoleh Google setelah satu tahun menjabat sebagai CEO Google.

Larry Page mengatakan dalam kurun satu tahun menjabat sebagai CEO, Google berusaha meningkatkan fokus  kerja hanya untuk produk yang dapat memberikan dampak besar bagi dunia.

Alasan ini pulalah yang membuat sebanyak 30 produk / project seperti Knol, Google Dictionary, Sidewiki,  dll harus dihentikan development-nya.

Ia juga mengungkapkan pandangannya mengenai platform Android, penggabungan Privacy Policy untuk semua layanan, Search Plus Your World, media jejaring sosial Google+, beserta inovasi lainnya seperti mobil tanpa pengemudi.

Larry Page business card

Dalam suratnya, Larry Page juga membeberkan beberapa statistik mengenai produk Google yaitu:

  1. Lebih dari 850.000 Android diaktifkan tiap harinya yang terdiri dari 55 vendor hp dan lebih dari 300 operator seluler.
  2. Google Chrome memiliki lebih dari 200 juta pengguna.
  3. Gmail saat ini digunakan oleh lebih dari 350 juta orang dan lebih dari 5.000 institusi bisnis dan edukasi membuat akun Gmail setiap harinya.
  4. YouTube memiliki 800 juta user aktif tiap bulannya dengan upload video berdurasi satu jam tiap detiknya.
  5. Advertising Google di ranah mobile bernilai $2,5 milyar di kuartal 3 2011. Atau meningkat 2,5 kali lebih besar dari tahun 2010.
  6. Google Adsense telah membayar uang sebesar $30 milyar kepada publisher.
  7. Google Translate telah berumur 8 tahun dan mampu menterjemahkan 64 bahasa tersmasuk Hindi, Arab dan Mandarin.
  8. Google+ memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif

Tidak lupa Larry Page kembali menegaskan meskipun Google adalah perusahaan yang mencari keuntungan, tapi mereka selalu percaya bahwa sangatlah mungkin menghasilkan uang tanpa perlu melakukan tindakan-tindakan yang tidak etis  dan merugikan konsumen (atau sesuai slogannya: Don’t be Evil).

Akhir kata dalam suratnya Larry menyadari bahwa tidak semua perubahan / inovasi yang mereka lakukan dapat diterima dengan baik oleh semua orang. Dan bila pun hal itu terjadi maka Google akan secepatya memperbaikinya.