Google membeli Motorola Mobility seharga US$ 12,5 Milyar

Google secara mengejutkan telah membeli 63% saham Motorola Mobility seharga US$ 12,5 Milyar dengan harga perlembar sahamnya US$40.

Motorola Mobility GoogleLangkah pembelian Motorola Mobility diharapkan dapat meningkatkan ekosistem Android dan memberi sumber pemasukan keuangan baru bagi Google dengan memasuki pasar baru sebagai produsen handphone.

Dengan demikian Google secara otomatis menguasai 17.000 hak paten dan 7.000 hak paten yg belum disahkan milik Motorola, yang nantinya dapat digunakan sebagai amunisi untuk memperkuat posisi tawar Android.

Keputusan yang sangat tepat mengingat sebelumnya Google gagal membeli 4.000 hak paten Norton dan fakta bahwa OS Android yang rentan akan tuntutan hukum dari pihak pesaing lain seperti Microsoft, Apple dan Oracle.

Untungnya, pembelian Motorola dipastikan tidak mengubah status Android yang terbuka dan tetap terpisahnya Motorola dari bisnis utama Google. Keputusan yg disambut baik oleh para vendor Android lain seperti Samsung, Sony Ericsson, HTC dan LG.

Keabsahan transaksi ini tinggal menunggu keputusan pihak regulator di Amerika, Uni Eropa dan juga para pemegang saham Motorola lain yang diharapkan akan segera rampung pada akhir 2011 atau awal 2012. – Sumber: GoogleBlog, GoogleInvestor

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)