AMD Zambezi Penantang Baru Prosesor Intel Core i7

Prosesor terbaru AMD BulldozerZambezi generasi terbaru prosesor AMD yang dibuat berdasarkan arsitektur Bulldozer (32nm) akan menantang head-to-head dengan prosesor Intel Core i7 (seri 9000).

AMD Zambezi menyertakan teknologi TurboCore 2.0 dan akan bernaung dibawah jajaran merek FX Series.

Sampai saat ini AMD tidak bisa menyaingi performa Intel Core i7 “Sandy Bridge” tapi berniat untuk bertarung kembali dengan cara merilis prosesor Zambezi seri Buldozer.

Dari laporan dari X-bit Labs, AMD Zambezi menawarkan kemampuan yang nyaris sama dengan Intel Core i7. Laporan tersebut juga memaparkan beberapa fitur AMD Zambezi, seperti lebih banyak core yang dioverclocked, dual graphics, OpenCL dan disertai kemampuan GPU.

Tabel spesifikasi prosesor Intel dan AMD

Hal ini membuat Zambezi lebih bertenaga dibandingkan kartu grafis internal yang biasanya terdapat di komputer desktop.

Prosesor AMD Zambezi ini memiliki 8 core prosesor yang terintegrasi dalam 4 modules. Arsitektur Buldozer memiliki 2 integer unit yang terintegrasi, disertai 1 floating point dan 2 threads di integer unit yang terpisah.

Gambar prosesor AMD Zambezi

Dengan adanya kesalahan manufaktur dan recall pada chipset Sandy bridge buatan Intel, AMD berharap dapat mengisi pangsa pasar yang ditinggalkan Intel dengan menawarkan prosesor Zambezi.

Berdasarkan laporan terkini dari IDC, Intel saat ini memegang 80.8 % pangsa pasar Prosesor PC pada akhir kwartal ke-4 naik 0,4% dari kuartal sebelumnya sedangkan AMD hanya meraih 19,9% (minus 0.5 %). Salah seorang wakil AMD mengatakan seri prosesor Zambezi FX direncanakan akan dirilis kwartal ke-2 tahun 2011.

Comments

  1. Mastiran says:

    sudahlah untuk para insinyur amd percaya diri aja dengan prinsip teknologinya jangan terpengaruh dengan intel atau arm yeng terpenting tetap pada kreatifiitas, mobilitas dan pronsip teknologinya ok.

  2. grandong13 sebenernya saya adalah intel says:

    Inilah sebuah kelemahan AMD, apakah pantas dikatakan plagiat ? kenapah ? jawabannya simpel aja. coba analisa, kenapa AMD tidak langsung nyiptain prosesor 3x lipat atau 4x lipat lebih jauh unggul dari intel ??? setiap prosesor yang di keluarin AMD selalu saja di buat sama sebanding ama intel, . ada apakah dengan AMD ??? coba lihat intel, mreka kreatif… ,. gak ikut ikutan kaya AMD. jadi AMD bikin prosesor cuma karena dipanas panasin aja, jadi nurun deh k prosesornya sama cepet panas. wkwkwkwk

    • Halo,
      - Saya akan berkomentar untuk masalah plagiat, karena untuk teknologi prosessor 64bit yang digunakan Intel dan AMD saat ini, teknologi awalnya adalah buatan AMD. Jadi semenjak prosessor 64 bit ada, Intel sudah memakai teknologi yang ditemukan AMD (lisensi). Jadi bisa dibilang mereka berdualah yang membuat teknologi prosessor PC berkembang.
      - Untuk prosessor sebenarnya bisa saja dibuat lebih lebih cepat dari yang ada sekarang, baik oleh Intel ataupun AMD.
      Tapi untuk prosessor, kecepatan bukanlah segalanya. Meningkatkan kecepatan secara signifikan akan membuatnya panas dan tidak stabil. Selain itu daya / arus listrik yang dibutuhkan akan lebih besar.
      - Di dunia prosessor saat ini, secara fair, AMD bukanlah pesaing utama Intel lagi.
      Pesaing utama Intel saat ini adalah ARM, produsen prosessor untuk tablet PC dan smartphone; dimana pada segmen tersebut Intel gagal membuat prosessor yang mampu bersaing dalam hal kecepatan dan konsumsi daya listrik (Intel Atom=gagal).

  3. neneng says:

    intel and amd adu dong spek sama……………..mana yang lebih cepat…
    kirim gambar ya handypetrasila@gmail.com

    • AMD Zambezi belum resmi diluncurkan, nanti bila sudah diluncurkan pasti akan ada perbandingan performa antara Core i7 dan AMD Zambezi.

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)