Alasan Apple menyingkirkan Google Maps dari iPhone 5 (iOS 6)

Alasan utama kenapa Apple menyingkirkan Google Maps disinyalir karena tidak tercapai kesepakatan untuk fitur turn-by-turn voice navigation (navigasi arah dengan suara).

Berdasarkan sumber ‘orang dalam’ yang didapatkan oleh allthingsd, diketahui perpisahan Apple dengan Google diawali dengan keinginan Apple agar iPhone 5 dapat memiliki fitur navigasi suara seperti yang sudah ada di applikasi Google Maps Android.

Namun, Google sepertinya enggan memberikan fitur voice navigation ke Apple dan ingin agar fitur tersebut hanya tersedia eksklusif ada di Android. Seperti yang pembaca Info Teknologi ketahui, keduanya saat ini sedang bersaing sengit di ranah smartphone (iPhone vs Android).

Jadi ketimbang memperkuat posisi pesaingnya, Google mencoba menolak secara harus dengan cara mengajukan syarat-syarat yang akan sulit diterima oleh Apple.

Syaratnya adalah supaya applikasi peta built-in di iOS yg sebelumnya bernama Maps dirubah menjadi Google Maps, selain itu mereka juga meminta supaya Google Latitude yang berguna utk sharing lokasi antar pengguna dimasukkan secara default (note: applikasi Maps sebelum iOS 6 dibuat oleh Apple dgn data milik Google).

Kedua syarat tersebut ditolak; dan Apple lebih memilih untuk membangun sendiri applikasinya serta tidak bergantung data map dari Google. Hasilnya, meskipun kini Apple Maps telah memiliki fitur turn by turn navigation voice tapi Apple Maps secara keseluruhan dapat dibilang mengecewakan utk sebuah perusahaan yg membangun reputasinya dengan moto “It just works”.

Google sendiri disebutkan baru akan menyediakan Google Maps for iOS diawal tahun 2013, waktu yang tergolong sangat lama mengingat setelah YouTube absen di iOS 6 mereka hanya perlu waktu sekitar satu bulan saja utk membuatnya. Apakah mungkin Google sengaja mengulur waktu supaya pemilik iPhone 5 yang tidak puas dengan Apple Maps beralih menggunakan handphone Android ?

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)