Samsung Galaxy SIII dirilis dengan mengedepankan fungsi ketimbang spesifikasi hardware

Samsung memperkenalkan Galaxy SIII hari ini di London dengan mengedepankan fungsi Software ketimbang spesifikasi hardware.

Samsung Galaxy SIIISamsung Galaxy SIII bila dilihat tidak memberikan tampilan design yang cantik, malah bila kita bandingkan dengan Galaxy Nexus ataupun SII maka tampilan design keduanya masih lebih bagus. Hal ini pun diperparah dengan masih digunakannya material plastik yg meskipun cukup awet & tahan banting tapi membuat handphone menjadi terkesan murahan.

Untuk Spesifikasi Samsung Galaxy SIII, handphone Android ini akan ditenagai prosesor 1,4Ghz Exynos 4 Cortex-A9 quad-core, RAM 1GB, internal storage 16/32/64 GB, layar HD Super AMOLED berukuran 4,8 inchi beresolusi 1280×720 pixel (306ppi), kamera utama 8MP & front camera 1,9MP, accelerometer, GPS & GLONASS positioning, compass, gyroscope, barometer, NFC dan baterai berkapasitas 2100mAh.

Hardware Galaxy SIII bila dicermati dari data diatas memang tidaklah terlalu revolusioner (meski masih tergolong powerful), hal ini berbeda dengan pendahulunya yg selalu menonjolkan fitur mewah dan selalu menjadi handphone dengan berspesifikasi paling canggih saat dirilis.

Mungkin Samsung akhirnya sadar bahwa mayoritas konsumen tidak terlalu tertarik / memperhatikan spesifikasi hardware yg dimiliki suatu handphone, karena kebanyakan orang lebih peduli akan fungsionalitas dari suatu handphone (mirip filosofi Apple).

Samsung Galaxy SIII

Oleh karena itu Samsung pun membuat applikasi custom yang membuat OS Android Ice Cream memiliki fungsi yg lebih baik, diantaranya:

  • Smart Stay: fitur ini akan mendeteksi arah pandangan wajah / mata pengguna menggunakan front camera. Jadi bila pengguna memalingkan wajah / mata ke arah lain dalam jangka waktu tertentu maka layar hp akan otomatis meredup.
  • Direct Call: Bila detail contact atau pesan terbuka, dan kemudian pengguna memindahkan handphone ke kupingnya; maka secara otomatis contact tersebut akan ditelepon. (Fitur ini menggunakan fungsi proximity sensor, accelerometer sensor dan gyroscope sensor secara bersamaan)
  • Smart Alert: Bila ada missed call, Handphone akan bergetar dan lampu indikator LED akan berkedip bila handphone diangkat.
  • S Voice: Versi voice recognation tandingan dari Siri iPhone 4s
  • Social Tag: Melink foto yg tersimpan di handphone secara otomatis ke profil Facebook & Google+.
  • S Beam: Share Foto, Video, Dokumen ke perangkat lain menggunakan fitur NFC
  • AllShare Cast: menghubungkan Galaxy S3 dengan TV, Laptop, Tablet lewat Wi-Fi.
  • PopUp Play: Pengguna SIII dapat menonton video sambil melakukan fungsi lain di hp seperti SMS, browsing, dll.

Samsung Galaxy SIII akan dijual pada musim panas (bulan Juni / Juli 2012) dan tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Marble White dan Pebble Blue. Harga Samsung Galaxy SIII saat ini belum diketahui.

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)