Review Tablet Android murah Asus MEMO Pad ME172V

Review Asus MEMO PAD ME172V.

Info Teknologi berkesempatan mencoba selama beberapa hari tablet Android low end ASUS MEMO Pad ME172V yang harganya saat diblei 1,4 juta. Review berikut akan membahas fitur, kelebihan, kekurangan dari Asus MEMO Pad dan menentukan apakah tablet ini cocok bagi pembaca.

Spesifikasi Asus MEMO Pad ME172V: Prosesor single core 1Ghz VIA WM8950, GPU Mali 400, RAM 1GB, internal 8 GB, Android Jelly Bean 4.1.1, layar 7 inchi, WIFI Only, microSD slot, dan baterai 4270 mAH.

Kelengkapan dalam box mencakup tablet, buku panduan, Charger 2 Ampere, kabel OTG, dan tanpa headset. Tablet memiliki tombol power dan volume berada disisi kiri, lubang reset disisi kanan, jack audio & microphone diatas, mono speaker dibagian belakang, sementara slot micro USB dan microSD dibagian bawah tablet.

review-asus-memopad-tablet

Kelengkapan Asus MemoPad

Dari body, Asus Memopad menghadirkan desain mirip Nexus 7 dengan bagian belakang terbuat dari karet yang mencegah slip saat dipegang. Masalah screen lift yang kerap terjadi di Nexus 7 tidak penulis temui dan secara keseluruhan body-nya sangat kokoh.

Layar tablet beresolusi 1024 x 600 berteknologi IPS memiliki sensitifitas touchscreen cukup baik, layar juga terlihat terang dan dapat terlihat jelas meskipun dilihat dari sudut kurang dari 45 derajat.

perbandingan-asus-memopad-ME172V-vs-galaxy-tab2

Galaxy Tab 2 (atas) dan ME172V (bawah)

Performa tablet ASUS MemoPad terbilang dibawah rata-rata, hal ini terjadi karena penggunaan prosesor single core 1Ghz VIA WM8950 yang dipilih untuk menekan harga jual. Proses navigasi UI stock Android 4.1.1 Jelly Bean pun seringkali mengalami jeda sepersekian detik, dan bahkan terkadang muncul lingkaran loading saat kita telah menutup applikasi dan balik ke menu user interface.

antutu-benchmark-asus-MEMO-Pad-ME172V

Skor Antutu Benchmark memopad

Untungnya saat diajak untuk menjalankan game Android gratis yang tidak memerlukan grafis tinggi seperti Subway Surf, Agent Dash, Hungry Shark, dll cukup terbilang lancar berkat penggunaan GPU Mali 400. Penulis tidak mencoba memainkan game 3D berat seperti Batman Arkham ataupun Asphalt 7 karena yakin Tablet buatan Asus ini tidak akan mampu menjalankannya dan alasan keterbatasan storage yang 8GB (hanya tersedia 5GB).

internal-storage-screenshot

Internal Storage yang bisa dipakai sekitar 5GB

Untuk umur baterai meskipun penulis tidak melakukan test secara mendalam, kesimpulannya terbilang cukup mengecewakan karena tablet Asus Memo pad hanya bertahan selama beberapa jam saat digunakan secara normal (browsing, membuka file office, memutar video, Wifi ON dan kontras layar 1/2). Sementara saat dipakai untuk bermain game yang memerlukan performa tinggi, baterai tablet hanya bertahan kurang lebih 3 jam.

Kekurangan lainnya di segi baterai adalah saat tablet didiamkan selama 10 jam, indikator baterai berkurang drastis sebesar 20%. Sepertinya terdapat masalah serius dalam fitur deep slep yg mungkin bisa diperbaiki dengan update versi ROM terbaru oleh Asus.

umur-baterai-asus-memopadpower-saving-mode-di-memo-pad

Asus sebenarnya menambahkan fitur penghemat baterai yang terdiri dari Power Saving (menghemat baterai namun penurunan performa), Balanced dan Performance mode (performa tablet meningkat namun baterai boros) yang bisa dipilih dari pull down menu. Tapi setelah Info Teknologi coba dengan beberapa applikasi dan game perbedaannya tidak terlalu signifikan baik dari segi baterai ataupun performa. Fitur lainnya adalah mini widget (sama seperti Samsung) yang bisa diakses dengan menekan tombol  tanda panah disamping multitasking.

Screenshot:

asus-memopad-homescreen kelebihan-kekurangan-asus-memopad-ME172V

android-jelly-bean-settings-screen asus-firmware-update

Kekurangan Asus MEMO Pad :

  • Performa dibawah rata-rata, perpindahan antar menu terkadang mengalami sedikit jeda
  • Body tebal
  • Tidak ada Bluetooth, GPS, dan Wifi Only (tidak tersedia fitur seluler GSM)

Kelebihan Asus MEMO Pad:

  • Harga murah
  • UI Stock Android
  • Tersedia slot MicroSD & kabel USB OTG

Kesimpulannya tablet Android Asus Memo Pad cocok bagi pengguna pemula yang menginginkan harga murah dengan berbagai keterbatasannya seperti pengorbanan performa, harus selalu dalam jangkauan WiFi (atau memiliki MiFi), dan tidak suka menfoto. Sementara bagi yang pembaca yang mencari tablet gaming, sebaiknya mencari tablet lain.

Note: Mengambil Screenshot di Asus MemoPad selain dapat dengan menekan tombol fisik Power + Volume Down (umumnya Android Jelly Bean) dapat juga dgn menekan tombol Multitasking selama 3 detik.

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)