Cara flash ClockworkMod custom recovery di handphone & tablet Android Samsung dengan applikasi Odin

Untuk menginstall rom di Android biasanya dapat kita lakukan melalui recovery yang bisa diakses saat handheld pertama kali dihidupkan (dengan cara menekan Power + Volume down).

Untuk hh Android Samsung, applikasi standar yang digunakan untuk flashing ROM (stock) bisa dilakukan dengan Odin. Sayangnya untuk flashing custom ROM, applikasi Odin ataupun recovery bawaan dari Samsung tidak dapat men-flash custom rom seperti Cyanomogen, AOSPA Paranoid Android, AOKP , dll.

Untuk mengakalinya maka kita terlebih dahulu harus mengganti recovery standar dengan custom recovery seperti ClockworkMod (CWM), TWRP, PhilZ Touch dengan menggunakan Odin3.

Yang Anda perlukan:
Download OdinSAMSUNG USB Driver for Mobile Phones (tidak perlu lagi bisa pembaca Info Teknologi sudah menginstall Kies), serta mencari versi ClockworkMod Recovery (.tar file) yang sesuai dengan tipe handheld Android.

Cara flash Clockworkmod dengan menggunakan Odin:

  • Restart tablet, lalu tekan tombol Power + Volume Up untuk masuk ke menu Download Mode.
  • Buka Odin dan pastikan hanya pilihan Auto Reboot dan F. Reset Time yang tercentang. Kotak pilihan lain seperti Re-Partition, Flash Lock, Phone EFS Clear, Phone Bootloader Update harus dikosongkan.
  • Klik tombol PDA, dan masukkan lokasi file Clockworkmod yang akan diflash.
  • Koneksikan Tablet dengan PC, bila tersambung kotak ID:COM akan berwarna kuning disertai dengan info seperti 0:[COMxy] (nomor xy akan berbeda tiap pc)
  • Klik Start, maka Odin akan menflash Clockworkmod ke handheld dan memberikan keterangan PASS! berwarna hijau yang berarti flash telah sukses (handphone / tablet akan restart sendiri).

flash clockworkmod (CWM) odin

Cara flashing recovery diatas dapat diterapkan untuk mayoritas handphone atau tablet Samsung seperti Galaxy Tab 2 (p3100 / p3110), Galaxy Note, Galaxy Ace, S2 / S3, dan banyak lainnya; tapi pastikan Anda memilih versi CWM yang sesuai dengan tipe yg kamu miliki.

Proses diatas hanya perlu dilakukan satu kali saja; jadi lain kali bila pembaca ingin mengupdate versi ClockworkMod yg lebih baru / recovery lain, root android, mengupdate kernel ataupun flashing custom ROM maka bisa dilakukan langsung dari CWM tanpa perlu lagi menggunakan Odin.

Tuliskan komentar atau pertanyaan anda dibawah :)